Jumat, 04 Juni 2010

Untuk The-EO Mu'asykar of Independent Class '09 Filsafat Ilmu--- Just Wanna to

Soal Tugas Akhir Mata Kuliah : Filsafat Ilmu


1. Berpikir filsafati mempunyai ciri menyeluruh (holistik), spekulatif, dan mendalam.
Kalau saya berpendapat bahwa filsafat itu bertentangan dengan agama maka bagaimana pandangan Anda tentang pendapat saya tersebut. Dalam mengemukakan pandangan jawablah dua pertanyaan berikut: (1) pendapat saya tersebut benar. Bagaimana dan mengapa demikian? (2) pendapat saya tersebut adalah salah. Bagaimana dan mengapa demikian? (Untuk menjawab kedua pertanyaan tersebut (1) dan (2) manfaatkanlah ketiga ciri berpikir filsafati tersebut).

2. Salah satu teori kebenaran konsensus bahwa sesuatu dikatakan benar apabila mendapat
persetujuan atau atas dasar kesepakatan. Pertanyaannya, kapan, bagaimana atau mengapa teori itu berlaku dan kapan, bagaimana atau mengapa tidak berlaku? (Jelaskan jawaban Anda dengan contohnya masing-masing).

3. Filsafat ilmu menjadikan metode ilmiah sebagai cara pengembangan ilmu
Pengetahuan. Buatlah hipotesis yang lahir dari agama kemudian ujilah hipotesis Anda tersebut denagan menggunakan langkah-langkah yang ada dalam metode ilmiah. (Data boleh berupa khayalan atau fakta).

4. Menurut Schlegel ada dua pola perkembangan ilmu pengetahuan, yaitu:

Pola (1) :



Teori: Konsep-konsep dan hipotesis-hipotesis logis dan terdahulu Hasil-hasil: Teori diperkuat, ditolak, atau diubah.
Data-data








Pola (2) :
Data-data
Uraian berdasarkan data
Analisis menjadi konsep dan hipotesis berdasarkan data
Teori yang menerangkan data












Jelaskan bagan tersebut dengan menggunakan contoh!

Keterangan:
Jawaban diketik, dikumpulkan di loker Jurusan Sastra Arab paling lambat tanggal 7 Juni 2010. Jawaban yang sama tidak diperhitungkan dalam penilaian!


Gambaran Untuk Soal Nomer :

1. Pak Irhamni memberikan 2 soal. pertama jika :

Pernyataan bahwa
Filsafat bertentangan dengan agama : benar ----> maka berikan penjelasan mengapa dan bagaimana dengan menggunakan salah satu ciri cara berpikir filsafat! begitu pula dengan pernyataan bahwa filsafat bertentangan dengan agama itu salah.

Contoh : Untuk statement 1 jika benar. Ya, itu saya setuju. mengapa? karena pada dasarnya kerangka berpikir filsafat yang spekulatif itu dapat menimbulkan masalah barau dalam hal bergama. akhirnya, yang terjadi justru menyepelekan perintah Tuhan, dan beranggapan cukup dengan iman, manusia selamat dari Neraka. Di sini, ciri yang dipakai adalah Spekulatif!...

2. Pak Irhamni menyuruh kita untuk soal nomer 2. adalah memberikan penjelasan yang berupa contoh tentang kapan teori konsensus itu berlaku dan kapan teori ini tak berlaku. Keyword :.... Konsensus berarti kesepakatan! berarti tidak berlaku jika tidak semua dalam suatu tempat tersebut sepakat terhadap sebuah pernyataan.

3. pada soal nomer 3, Pak Irhamni menyuruh kita untuk membuat hipotesa sebagai pijakan dalam melahirkan teori dari Agama! ingat dalam Islam tidak semua bisa dijadikan hipotesa. Just Product of the mind ( Produk pemikiran) : Masalah Fiqh. Uraikan menggunakan Metode ilmiah yang ada!

4. pada soal terakhir ini. Pak Irhamni menyuruh kita untuk menjelaskan dengan membuat contoh lahirnya teori dengan bagan Schlegel. Ingat berangkat Pola 2 baru ke pola satu! karena itulah pada umumnya. Akan sulit jika berangkat dari pola 1...

Bismillah Dulu! Keep Fifhting The EO-Mu'asykar of Independent Class '09. This's my real contribution for u all!

Wassalamu'alaykum. Wr. Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar